Belajar Budaya Jawa

Tanggal 26 oktober 2011 Husayn dan teman-teman berkesempatan untuk mempelajari tentang budaya Jawa di acara Jelajah Budaya Jawa yang bertempat di Museum Nasional, Jakarta, Indonesia.

Kami berangkat dari rumah pukul 8.00 wib, sesampainya di sana Husayn mulai bergabung dengan teman-teman homeschooler lain yang telah lebih dulu sampai di museum. Acara ini diselenggarakan oleh sanggar Laksita Mardhawa, acara ini diikuti oleh lebih dari 1000 anak usia sekolah dasar. Kebetulan Husayn dan teman sesama Homeschooler dari klub oase kebanyakan usianya masih kecil tetapi alhamdulillah mereka masih bisa mengikuti acara ini.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, ternyata para homeschooler yang katanya kebanyakan tidak nasionalis karena gak pernah upacara bendera itu rata-rata hafal lagu Indonesia Raya. Termasuk Husayn. setelah pembukaan acara dilanjutkan dengan menjelajah museum. Di acara ini dijelaskan tentang sejarah museum nasional, Museum nasional Berdiri 24 april 1778 didirikan oleh pemerintah hindia belanda salah seorang pendirinya bernama J.C.M. Radermacher. Museum yang terletak di jalan medan merdeka barat nomer 12 ini menyimpan banyak sekali peninggalan bersejarah tentang peradaban dan budaya Indonesia. Husayn sangat menikmati sesi ini, mereka berkeliling museum sambil dijelaskan oleh bapak pemandu yang baik hati dan sabar dalam membimbing anak-anak.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan belajar gamelan bersama-sama. Tadinya aku fikir anak-anak hanya akan melihat saja dan diberitahu sedikit tentang gamelan, ternyata Husayn dan anak-anak lainnya juga diajarkan cara bermain gamelan. Tentu saja mereka gembira, dan ternyata mereka bisa bermain dan menghasilkan suara yang enak didengar.

homeschooling

Belajar Gamelan

selesai bermain gamelan berlanjut ke acara belajar membuat gerabah, lalu mewarnai wayang kulit, dan membuat bakpia. Semua sesi dilalui Husayn dengan gembira, tidak ada keluhan sedikitpun darinya padahal acara sangat padat. Selesai dari membuat bakpia acara dilanjutkan dengan makan siang, sambil mendengarkan dongeng yang dipandu oleh kak Rian. Kak rian sangat bisa mencairkan suasana dan menyampaikan dongeng tentang sejarah aksara Hanacaraka dengan suasana asik, penuh keakraban. Selesai kak rian mendongeng ternyata ada kejutan lainnya yaitu pertunjukan wayang orang. Jujur saja dari kecil aku sangat takut dengan wayang orang entah apa sebabnya. Tetapi ternyata Husayn tidak menuruni perasaan takut seperti aku, bahkan setelah pertunjukan selesai husayn menarik-narik tanganku untuk foto bersama Hanoman. Oow mama takut naaakkk.. Berhubung gengsi. Kalau ketauan emaknya penakut, maka dengan pede dan keringet dingin aku mendekati pak hanoman dan Husayn yang sudah ada digendongan pak hanoman untuk memfoto mereka berdua. Klik Alhamdulillah…

foto bersama hanoman

acara terakhir adalah membatik, aku pikir Husayn akan capek mengikuti sesi ini karena acaranya memang padat dan melelahkan tetapi dengan semangat 45 Husayn menarikku untuk ikutan membatik, subhanallah mamanya yang teler anaknya masih semangat, maka mama ikutan deh mendampingi Husayn yang antusias membatik.

Alhamdulillah semua acara berlangsung dengan lancar, anak-anak membawa banyak ilmu hari itu. Kamipun pulang dengan menumpang Busway sampai ke rumah. Terima kasih team panitia jelajah budaya jawa. Husayn sangat bahagia bisa belajar banyak Hari itu. Keramahan dan kesabaran seluruh team kami acungi dua jempol. Smoga acara ini bisa menjadi acara tahunan sehingga husayn bisa ikutan lagi tahun depan… Inyaallah.. Aamiin…

Homeschooling Jakarta

berfoto bersama ketua penyelenggara ( ibu Arie )

Speak Your Mind

*

CommentLuv badge