Belajar Membaca ala Husayn

Husayn Homeschooler

Husayn

Sewaktu Husayn masih ikutan sekolah di TK sekitar 6 bulan, Husayn selalu senang kalau membayangkan bermain dengan teman-temannya. Husayn selalu cerita kalau di sekolah husayn punya teman perempuan yang cantik, namanya Nanda :p, Husayn juga selalu cerita tentang permainan prosotan, ayunan dan jungkat-jungkit di sekolahnya, juga tentang lagu-lagu dan gerakan yang diajarkan di TKnya. tetapi Husayn selalu cemberut kalau ditanya tentang pelajaran membaca, mewarnai dan menulisnya.

Saya sangat maklum Husayn kurang suka menulis dan membaca usianya baru 5 tahun dan setiap anak memiliki karakter yang berbeda, juga memiliki kecerdasan yang berbeda. ada anak tipe kinestetis yang sukanya beraktifitas jasmani, juga ada anak yang suka logika-matematik, ada anak cerdas bahasa dan menulis, juga anak yang cerdas di bidang musik dan masih banyak lagi tipe-tipe kecerdasan anak lainnya.

Setelah belajar selama 6 bulan tibalah saatnya pembagian raport, ibu gurunya bilang Husayn sangat bagus sosialisasinya, memiliki intelegensi yang bagus, selalu di kelilingi teman terutama teman perempuan (weks.. :p), tetapi oh tetapi worksheet yang dikerjakan oleh Husayn selama 6 bulan hanya 4 lembar saja, itupun tidak selesai semuanya, dan ibu gurunya bilang kalau mau naik tingkat harus mencapai target membaca, mewarnai dan menulis. saya hanya tersenyum dan berkata kepada ibu gurunya, kalau tujuan saya menyekolahkan Husayn hanya bermain saja, tak apa Husayn tak dapat ijazah TK. tetapi dengan pertimbangan dengan Husayn dan hasil mengobrol dengan Husayn jadilah saya benar-benar melepas Husayn dari sekolah formalnya.

Dalam proses homeschooling Husayn, saya jarang sekali mengajarkannya membaca bahkan cenderung tidak pernah, saya penganut faham “better late then early” untuk pendidikannya Husayn maka saya cenderung terlihat nyantai karena Husayn belum bisa membaca di usianya yang 5 tahun. namun sekarang proses natural Husayn untuk mau belajar membaca mulai berlangsung. Husayn sangat suka sekali mengeja namanya H-u-s-a-y-n, husayn mulai meminta huruf-huruf yang harus dia ketik ketika membuka username dan password di website kesukaannya. jadilah di sekitar komputer kami tempelkan username dan password untuk Husayn mengetikkannya sendiri kalau ingin bermain dan belajar di komputer.

Sekarang Husayn mulai hafal susunan huruf yang terdapat di dalam namanya dan susunan huruf di beberapa kata-kata yang sering diketikkannya. saya tidak mau mengajarkannya secara khusus untuk belajar membaca, karena saya menganggap belajar pelajaran pengikatan bathin kami lebih penting untuk sekarang ini, kami sering bebenah rumah bersama, menyapu dan memasak bersama, walaupun hasilnya rumah menjadi lebih berantakan dan memasak jadi lebih lama tetapi pelajaran berharganya bisa kami dapatkan, yaitu obrolan-obrolan kecil penuh makna.

sekarang kami mau membuat jelly dulu yaa… husayn sudah memanggil-manggil di dapur dengan bungkusan ditangannya dan berteriak “ayo maaa kita buat N-U-T-R-I-J-E-L yang manis” ^_*

Mella

Comments

  1. kangen Husaynnnnnn !!

  2. Kami semua kangen Husayn ^_*
    *hug hug hug*

  3. wih, sama banget dengan anakku. dimasukin tk, dia anti membaca, menulis, dan mewarnai. alhamdulillah, karena dikeluarkan dari sekolah, sekarang mulai beres masalahnya ^_~d.

  4. mba mella, kangen bgt neh…huhuhu, aku yg paling sedih kykna mba mella ga ada BB :(

  5. wow websitenya bagus sekali… ^^
    kadang saya pikir homeschooling jauh lebih baik karena fokus belajar lebih pasti.
    Fikri El Frana Pakar SEO recently posted..Kata Kunci Atau Niche yang Paling Banyak Dicari dan Akan Bertahan Lama

Speak Your Mind

*

CommentLuv badge