Belajar Menjadi Pedagang

Beberapa hari lalu saya dan Husayn berbelanja bersama untuk kebutuhan proses belajarnya Husayn dan Ali. Kami membeli puzzle, sticker, crayon, gunting dan lain-lain. Husayn sangat senang karena barang yang kami beli adalah barang-barang kesukaan Husayn

Sesampainya di rumah, ternyata ada sepupu saya yang sedang datang bersilaturahmi, dengan suka cita husayn memamerkan hasil buruan kami siang hari tadi, secara tidak sengaja Husayn jd menjual beberapa puzzle yang tadi kami beli, karena kebetulan kami memang membeli agak banyak.

Sore harinya Husayn lagi-lagi “memamerkan” puzzle dan beberapa barang yang kami beli tadi kepada teman-temannya, dan secara tidak sengaja pula ternyata temannya banyak yang berminat untuk membelinya, jadilah semangat Husayn mulai timbul untuk menjadi pedagang.

Sebagai seorang ibu saya sangat terharu dengan kegigihan Husayn, ada pertentangan bathin ketika melihat Husayn sangat lihai menawarkan puzzle tersebut ke teman-temannya, akhirnya saya curhat kepada ibu-ibu sesama keluarga homeschooler, lalu mbak Opie menyarankan kepada saya untuk tidak melarang Husayn berjualan, justru saat itulah banyak pelajaran berharga yang akan didapatkan oleh Husayn, dalam hal bersosialisasi, bernegosiasi dan lainnya, akhirnya saya dan mas Faizal mengajak Husayn ngobrol, kami memberitahukan tentang etika berdagang kepada Husayn, dengan senang hati Husayn mendengarkan kami.

Akhirnya jadilah sekarang Husayn seorang pedagang kecil-kecilan, ternyata malah Husayn yang mengajarkan kepada saya tentang semangat mendapatkan rezeki, walaupun saya yakin, bukan uang tujuan utama Husayn saat ini. Tadi sore setelah mandi, Husayn langsung menghitung jumlah dagangannya lalu bermain sambil berjualan, lalu pulangnya kami sama-sama menghitung hasilnya, jadilah pelajaran Math di sore hari.. Sungguh Indahnya menjadi Homeschooler.. Belajar dimana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja… ^_^

MF 

memindahkan dari arsip lama di blog lama kami  karena merupakan perjalanan penting bagi proses belajar Husayn :)

 

 

 

 

Speak Your Mind

*

CommentLuv badge