Belajar Perubahan Sifat Benda Melalui Pembuatan Es Susu

Tadi pagi Husayn mendapat sebungkus kacang hijau dari program POSYANDU di lingkungan sekitar rumah kami, lalu kemudian memasukkan kacang hijau yang terbungkus di dalam plastik ke dalam freezer.

Siang harinya kacang hijau tersebut sudah menjadi es. Lalu kemudian Husayn menikmati es kacang hijaunya tersebut, tiba-tiba aunty nendi mengusulkan untuk membuat es susu untuk kami konsumsi sendiri. Dengan semangat penuh Husayn langsung setuju dengan usul tersebut.

Sambil menyiapkan bahan membuat es susu lalu kami mengobrol tentang perubahan zat, saat itu Husayn sedang mencairkan gula, perubahan bentuk gula (padat) yang dipanaskan menjadi cair berarti mencair, lalu kemudian kami membahas perubahan es batu (padat) menjadi cair juga mencair. Dan kami mebahas perubahan zat lainnya, seperti menyublim, menguap dll..

Melalui hal-hal kecil kitapun bisa belajar fisika, saya berfikir, mengapa dahulu saya tidak menyukai fisika ya? Padahal sekarang saya melihat fisika dari kacamata yang berbeda, menyenangkan, slalu ingin belajar dan bertambah tau tentang ilmu-ilmu fisika.. Hmm smoga dengan fisika yang menyenangkan Husayn tidak menuruni “kemalasan” saya mendengar kata FISIKA *curcol hihi..

Kita sama-sama belajar Science yang menyenangkan yuuk :)

Husayn mencairkan gula

Husayn mencairkan gula

Comments

  1. wah,,keren yah..bisa gituloh ngaplikasiin,ditunggu apdetan berikutnya bun 😉

Speak Your Mind

*

CommentLuv badge