belajar tentang paru- paru dan jantung

Beberapa hari lalu Husayn belajar tentang jantung, paru-paru dan tulang rusuk serta fungsi-fungsi organ tersebut bagi tubuh kita. Kami membahas tentang fungsi memompa darah bagi jantung, bernafas untuk paru-paru dan melindungi organ dalam bagi tulang rusuk.

Tadinya kami berencana membuat model organ-organ tersebut dengan bahan-bahan yang sudah kami siapkan, tetapi beruntungnya ketika kemarin kami mengunjungi nenek ke Sukabumi, di sana sedang berlangsung acara memotong hewan kambing dan organ dalamnya belum dipotong, masih dalam keadaan utuh. Maka jadilah kami langsung praktikum meneliti organ-organ tersebut.

Seorang Om saya kemudian menunjukkan cara kerja paru-paru dengan cara meniupnya. Lalu kami membedah jantungnya dan melihat bilik-bilik di dalam jantung tersebut, sayangnya tulang rusuk (ribs) yg melindungi organ dalam, sudah terlanjur dipotong. Tetapi secara keseluruhan, Husayn sudah mengerti cara kerja organ-organ yang ada di dalam tubuhnya. Kami sama-sama berjanji untuk saling mengingatkan untuk merawat organ penting kami masing-masing.

Kesimpulannya adalah : “olahraga sangat penting ternyata ya mama, kita harus rajin olahraga untuk melatih organ penting menjadi kuat”. ^__^
Terima kasih aki Yudi yang sudah bersedia meniup paru-paru kambingnya dan membedah jantungnya untuk belajarnya Husayn..

MF


Comments

  1. Wow… nggak pernah lihat paru-paru dan jantung kambing beneran 😀 Pasti berkesan banget deh daripada lihat gambar di buku doang.

    • hihi iya mba andini, kebetulan banget bisa belajar langsung, kan kurang lebih sama bentuknya dengan kepunyaan manusia. awalnya husayn jijik pegang, akhirnya malah dibedah habis-habisan.. ^_^

Speak Your Mind

*

CommentLuv badge