Bermain Sains di Rumah Sains Ilma

Hari sabtu tanggal 15 januari Husayn dan teman-teman berkunjung ke Rumah Sains Ilma, Pamulang. lokasi yang lumayan jauh dari tempat tinggal kami namun kami sangat antusias menuju ke sana. seperti biasa kami menjemput atala lalu lanjut menjemput Yudhis, Tata dan Duta. perjalanan yang jauh dan belum pernah kami kunjungi sebelumnya menjadikan sedikit bertanya sana dan sini utk mencapai tujuan.

Akhirnya kami sampai di Rumah Sains Ilma. kegiatan kami diawali dengan membuat snack sendiri, yang terbuat dari roti tawar, sosis dan toppingnya. Husayn mengoles, menata dan menggulung sendiri snacknya. setelah jadi mereka kemudian memakannya bersama-sama.

Disusul dengan membuat akrobat dancing dengan bahan batang kayu, balon dan kelereng, Husayn senang sekali, walaupun harus dibantu mama mengikat batang-batang kayunya, kami bersorak bersama ketika berhasil melakukan percobaan tersebut.

ali dan akrobat dancing

Husayn dan akrobat dancing

Percobaan selanjutnya adalah membuat terumbu karang dari campuran sodium asetat cair dan sodium asetat bubuk, jika kedua bahan kimia tersebut maka akan langsung membeku, caranya dengan mengambil sodium asetat cair dengan pipet lalu perlahan-lahan di teteskan ke dalam sodium asetat bubuk maka hasilnya terbentuklah bekuan yang menyerupai terumbu karang.

setelah kegiatan indoor maka berlanjutlah ke kegiatan outdoor yaitu mencari harta karun di kubangan air, caranya yaitu meneropongnya dengan menggunakan alat pondscope sederhana dengan bahan paralon, plastik bening dan karet. sesi jebur-jeburan ini juga diikuti oleh Ali Haidar dengan semangat, karena bisa basah-basahan bersama teman-teman.

Treasure Hunt

setelah acara mencari harta karun selesai berlanjut dengan acara meluncurkan rocket sederhana. wah sesi ini paling disukai oleh Husayn dan berulang ulang dilakukan oleh Husayn.

terakhir Husayn membuat lukisan ajaib, caranya Husayn mencelupkan cotton buds ke dalam cairan soda abu lalu melukiskannya di kertas, tidak terlihat memang, tapiii setelah kertas di oleskan dengan cairan kunyit maka traaalaaa muncullah lukisan bagus milik Husayn..

Husayn dan Lukisan ajaib

Alhamdulillah, seru, menyenangkan banyak pelajaran science yang bisa dilakukan dengan cara sederhana dan menyenangkan. kami pulang ke rumah membawa banyak karya Husayn dengan senyum yang mengembang… go Husayn.. go Ali…

Comments

  1. Semoga Makin Terus Menjadi PEMBELAJAR yang Selalu SEHAT, CERDAS dan bermanfaat untuk orang banyak ๐Ÿ˜€

  2. Hey, mari kita hindari plastik. udah global warming tuh. $ tar negara kita yang tercinta ikut tenggelam gimana ๐Ÿ˜€

    • justru itu, plastiknya dijadikan bahan untuk membuat kerajinan tangan dan kegiatan lain yang bermanfaat doong ๐Ÿ˜€
      terima kasih sudah mampir ^_^

Speak Your Mind

*

CommentLuv badge