Better Late Than Early

Husayn kok belum bisa baca sih mel?, knapa Husayn gak mau belajar nulis sih?, kenapa Husayn main melulu tiap hari, kapan Husayn belajar?… Pertanyaan-pertanyaan tersebut yang slalu ditanyakan orang-orang di sekitar kami beberapa bulan lalu, di zaman sekarang bukan hal yang wajar anak umur hampir 6 tahun gak bisa baca, karena sekarang mulai dr TK kecil sudah mulai dikenalkan huruf dan angka, bahkan ada kursus membaca untuk anak usia dibawah tiga tahun.

Aku sebagai orang yang menganut paham “better late than early” dalam hal ini sangat santai menghadapi pertanyaan dan pernyataan miring seputar Husayn yang tidak bisa baca dan juga tidak belajar baca. Aku yakin saatnya nanti ketika logika membaca sudah masuk ke dalam dirinya tanpa belajar dia akan bisa sendiri. Tugasku hanya menjawab pertanyaan-pertanyaannya dan bercerita tentang banyak hal kepada Husayn, kubiarkan Husayn menemukan jalannya sendiri akan kebutuhannya membaca.

Dulu aku tertarik dengan flashcard glenn doman, yang kupikir hebat karena bisa membuat bayi usia 1 tahun bisa membaca, tetapi setelah kupikir-pikir untuk apa Husayn bisa membaca karena hafal? Untuk apa aku menuntut Husayn bisa baca terlalu dini? Bukankah usianya baru 5 tahun? Lalu aku harus “menuntutnya” hafal flashcard? Tidak, ini bukan jalanku, aku ingin membaca menjadi kebutuhan bagi Husayn dan bukan kebutuhanku yang kugantungkan di pundak Husayn.

Beberapa hari lalu Husayn liburan ke Bali, sepulangnya dari Bali Husayn membawa gendang etnik dibelikan oleh aki (kakek)nya. Husayn senang sekali memainkan gendang itu, lalu tiba-tiba Husayn mengambil spidol, Husayn bilang kepada papanya “papa, Husayn mau tulis family Husayn di gendang ini”, papanya bilang “ok, silahkan”. Tanpa kusangka dia mulai menuliskan kata HUSAYN, lalu dibawahnya ia tulis PAPAH, kemudian MAMAH dan ALI. Wow.. Husayn menuliskan semuanya sendiri.

Husayn menulis

Husayn menulis

Kaget, senang, dan terharu, perasaanku campur aduk, selama ini Husayn memang hafal alphabet dan sesekali bertanya kepadaku atau papanya. “Kalau M disambung A bacanya apa?” lalu N sama G jadi apa?. Kami hanya menjawabnya sepintas karena kami memang belum berniat secara khusus mengajarkan Husayn membaca. Ternyata teoriku benar, aku percaya ketika logika membaca sudah dikuasainya Husayn tak perlu menghafal sampai jontor setiap kata, ketika Husayn tau logika M disambung A menjadi “MA” maka Husayn pasti tau juga bahwa M disambung U menjadi “MU”. Tetapi aku juga percaya setiap keluarga memiliki gaya pengasuhan yang berbeda, aku tak menganggap teori orang lain lebih buruk dariku tetapi mungkin teori ini yang cocok menurut keluarga kecil kami. Kalau kata iklan “ini ceritaku, apa ceritamu?.” Yaayy Husayn bisa membaca sendiri..

Comments

  1. faris seumuran husayn mba mel, tapi faris kami masukkan tk,karena awalnya kemauannya sendiri ,..nah, di tk nya banyak orangtua yang meminta guru mengajar les calistung ke anak2 nya, di kelas hanya faris sendiri yg tak saya ikutkan..pikir saya minimal ia sudah bisa menyambung sedikit2 huruf… yang membuat kaget ketika kemarin ia mengeja judul sebuah buku yg baru selesai sy baca, ” Di atas sajadah cinta” kan,mi bacanya…pikir saya, gawat dia sudah bisa membaca:D

  2. waah senangnyaa.. salam untuk faris ya mbak :)

  3. aku senang nih baca tulisannya mba. kebetulan anakku (4,5 th) jg seperti husayn, dia tahu mungkin setengah lebih dari huruf alphabet, tapi blm bs membaca. sudah bisa menuliskan namanya, nama kakaknya, tapi utk membaca memang belum. saya sempat belikan buku suku kata dan cd suku kata. Tapi sepertinya dia blm terlalu minat. selama ini juga masih belajar di rumah dg saya, sifatnya juga masih bermain. berarti gak pa pa ya mba… better late than early itu ada bukunya ya mba?

    • halo mbak rika.. “better late than early” itu adalah inti dari penelitian Dr. Raymond and Dorothy Moore. mengutip sedikit dr artikelnya mas aar ( rumah inspirasi ). “Pemikiran dan buku “Better Late than Early” berada dalam momentum awal pergerakan homeschooling di Amerika, awal tahun 1970-an. Dr. Moore menyatakan bahwa pendidikan formal sebelum usia 8-12 tahun bukan hanya tidak efektif, tetapi sesungguhnya berakibat buruk pada anak. Pendidikan formal yang terlalu dini dinilai sebagai salah satu sumber dari problem perilaku anak pada usia remaja.” untuk artikel lengkapnya bisa dibaca di http://rumahinspirasi.com/better-late-than-early . ini juga ada bukunya memang mbak. salam buat si kecil ya :)

  4. Sury Anggrainy says:

    assalamualaikum mbak Mella,

    aku py anak 10th dah kelas 5 sd, nah itulah kesalahanku pd waktu itu krn anakku sudah bisa ini bisa itu dan perkembangannya lbh dr anak seusianya maka aku sekolahkan tk pd usia 4thn, lulus 6thn9bln belm bisa masuk skolah negri dan akhirnya saya masukkan skolah swasta, tp skrg susaaaah bgt disuruh belajar….sebenarnya dia bisa tp dia malas membaca buku pelajaran dan kurang teliti jd nilainya pun tidak secemerlang kelas 1 dan 2……mmg pelajaran skrg berat anak kelas 5 sd dah belajar anatomi manusia dan hewan….apalagi ppkn menghafal tugas Presiden, Lembaga negara dll…kasihan juga sih. jadi dilema klo disuruh belajar terus kasihan stres anaknya, klo santai nilainya keteteran walaupun sll diatas rata2 kelas……tp dirumah dia sll saya ajarkan keterampilan dan kami juga sering wisata alam dibanding ke mall. Pertanyaannya bgmn saya menyikapi anak saya….tks

    • nanti kapan-kapan ajak ke acara klub oase ya mbak sury.. ketemuan dgn para Homeschooler :), salam buat keluarga tercinta.

  5. Salam kenal mbak,senang sekali bisa nemu blog mbak mela.selain nambah referensi HS juga karena banyak bgt kesamaan pemikiran dan proses dalam pengajaran anak2 kita.kebetulan anak kt seumuran, anakku faiz&ziki,5&3 th.aku pgn ikut komuitas oase, mhn info ya what should i do.

    • salam kenal mbak vera.. klub oase akan aktif lagi mulai bulan maret, untuk tau update info kegiatan bisa add fbnya klub oase yaa.. atau main-main ke rumah maya klub oase di http://www.KlubOase.com senang berkenalan, salam buat faiz dan rizki :)

  6. sury anggrainy says:

    mau banget dong di undang acaranya klub oase……skrg aku lg terus belajar ttg metode HS utk anakku yg 3 thn….tks ya

Speak Your Mind

*

CommentLuv badge