Memulai Tidur Terpisah

Sudah beberapa bulan ini aku dan papa faizal merencanakan untuk membuat anak-anak tidur terpisah dengan kami, hanya sayangnya hal tersebut urung dilakukan, karena kamarnya sendiri belum tersedia. setelah menimbang-nimbang banyak hal akhirnya kami memutuskan untuk merenovasi rumah, agar anak-anak bisa memiliki kamar sendiri.

Bukan tanpa alasan aku untuk membuat anak-anak memiliki kamar terpisah, aku merasa sekarang ini akses anak-anak untuk membaca buku, belajar membereskan barang pribadi mereka, agak terhambat karena buku anak-anak tercampur dengan lemari buku kami, maka kelihatannya Duo Ali agak enggan mencari buku mana yang akan mereka baca, selain itu mereka juga belum memiliki tanggung jawab untuk membereskan barang-barang pribadi, seperti mainan, barang hasil karya mereka sendiri, karena selama ini aku selalu membereskannya dan duo ali sendiri tak tahu harus di mana menyimpan barang-barang tersebut. [Read more…]

Homeschooling Duo Ali tentang berkemah

Tanggal 23-24 juli kemarin akhirnya kami jadi juga mengikuti kegiatan camping keluarga bareng klub oase, awalnya kami ragu untuk ikut karena kebetulan kendaraan yang biasa kami pakai akan dipakai keluarga besar untuk kumpul di Sukabumi, tetapi kebetulan kami dipinjami mobil oleh mbak wiwiet dan bertugas mengambil perlengkapan kemah untuk seluruh peserta, jadilah dengan senang hati kami berangkat.

Selesai shalat subuh kami berangkat dari jakarta menuju Tapos untuk mengambil perlengkapan berkemah, sesampainya disana ternyata tidak semua perlengkapan bisa dibawa karena mobilnya terlalu kecil untuk membawa perlengkapan sekitar 13 keluarga, akhirnya jadilah kami bolak-balik Tapos-Citereup untuk membawa perlengkapan tersebut. Tetapi semua kami lakukan dengan senang hati karena sudah membayangkan asiknya berkemah bareng keluarga besar klub oase.

Setelah sampai di lokasi camping, kami mulai berlomba mendirikan tenda, yaiiy kami menang looh ternyata, tapi mungkin karena sebelumnya kami sudah “latihan” dulu membuatkan contoh tenda kepada peserta yang lain xixiixi. Lalu dilanjutkan dengan perkenalan anggota keluarga masing-masing, sementara itu anak-anak mulai berbaur bermain bersama. setelah makan siang bersama acara dilanjutkan dengan membuat craft dari kertas kokoru yg dibimbing oleh mbak dinar, anak laki-laki maupun perempuan semua antusias membuat karya. lalu dilanjutkan dengan acara petualangan Oase, acaranya seperti mencari jejak, kami memberi makan bebek, memberi makan ikan, tebak-tebakan bahkan menghitung gigi domba. wah seru sekali. [Read more…]

Fieldtrip ke PT. Staedtler bersama Klub Oase

Setelah melalui Proses Persiapan yang cenderung singkat, sejak pertemuan kami dari Klub Oase Bersama pak Raymond, mba Tika di kantor PT. Asaba di kawasan Juanda Jakarta Pusat pada akhir bulan Mei lalu, bergerak cepatlah Rekan-rekan di Klub Oase (Terimakasih dan Jempol untuk mereka 😀 ) untuk sounding ke Facebook dan Twitter masing-masing, walhasil… Sounding baru beberapa hari space kursi yang tersedia telah terpenuhi oleh teman-teman HSers yang semangat untuk ikut menyaksikan proses pembuatan Pensil Staedtler. Menyenangkan…. Menyenangkan…!!! [Read more…]

Cerita Tentang Pneumonia dan Ali

Ali kecil yang kini sehat kembali *alhamdulillah

Pagi ini aku melihat statusnya mba opie di Facebook, beliau baru selesai mengantarkan anak seorang temannya yang baru berusia 3,5 bulan ke peristirahatan terakhirnya, sedih membacanya dan aku bertanya apa sebab kematiannya? mba opie bilang karena anak tersebut tersedak air susu jadi ada cairan masuk ke paru-parunya.. Jlebb persis sama dengan apa yang dialami Ali haidarku ketika berusia 1 bulan.

 

Kala itu di pagi buta ali haidarku tak mau menyusu karena sesak, aku masih menganggapnya pilek biasa, puncaknya adalah ketika ibuku memberikan ASI ku yang telah diperas kepada ali kecil melalui sendok, namun ali yang tak bisa menyusu tiba-tiba hanya terdiam saja, dan tak lama kemudian perlahan terlihat wajahnya kebiruan, astagfirullah.. apa yang terjadi pada anakku? Ali kecilku tak berdaya, jadilah kami di pagi buta itu berangkat menuju rumah sakit terdekat, pikiranku hanya ada di RS Bunda, Menteng, Jakarta Pusat, sesampainya disana dokter langsung menangani Ali kecilku, membawanya ke ICU dan memasang alat-alat yang tak kumengerti apa fungsinya.

[Read more…]

Homeschooling Husayn tentang Seni dan Budaya Indonesia

Hari sabtu pagi kami berencana untuk melihat pameran sepeda di Jakarta Convention Center, senayan, Jakarta. kami pergi dengan keluarga adikku, karena kami semua sangat menyukai dunia sepeda. setelah sampai disana ternyata pamerannya cenderung kepada sepeda bermerk yang harganya wow untuk ukuran kantong kami. akhirnya kami hanya berkeliling untuk melihat-lihat dan mengagumi sepeda yang dipamerkan.

mendengarkan penjelasan di stand kota Jogjakarta

[Read more…]

[ field trip ] Museum Zoologi

Hari Rabu tgl 25 Mei kemarin kami iseng-iseng fieldtrip ke museum Zoologi, Bogor, Jawa-Barat. kami berangkat pukul 11.00 wib, Husayn mengusulkan untuk naik kereta api saja, karena sudah siang dan tidak ada yang mengantar kami ke stasiun akhirnya kami berempat memutuskan untuk jalan kaki ke stasiun melalui perkampungan penduduk. aku dan pak Faizal belum pernah jalan kaki menuju stasiun sebelumnya tetapi Husayn sudah pernah, jadilah Husayn sebagai penunjuk jalan kami. perjalanan sekitar 15 menit dan seru sekali, menyusuri pinggir kali yang airnya penuh sampah, jalan kecil dan jembatan dan akhirnya melalui jalan setapak menuju stasiun kereta api Manggarai.

Berangkat menuju Bogor

Berangkat menuju Bogor [Read more…]

Homeschooling Ali dan Papan Logico 2

Ali dan Papan Logico

Ali dan Papan Logico

Sekarang menyocokkan warna di papan logico sudah menjadi hal yang sangat mudah buat Ali tetapi tetap saja menjadi hal yang menyenangkan. Hampir setiap hari Ali memainkannya.

Kemarin tiba-tiba Ali berteriak (dengan bahasanya yang masih kurang jelas), “mama Starfall sudah selesai sekarang papan logico juga selesaaaai, foto dong ma”. Aku buru-buru mengambil HP dan memfotonya.

Aku bingung sekaligus ingin tertawa ternyata Ali memperhatikan setiap abangnya membuat sebuah karya maka aku selalu memfotonya, dan aku baru menyadari bahwa sedikit sekali portofolio tentang Ali karena aku terlalu fokus pada abangnya. Maafkan mama ya de, mulai sekarang mama slalu bikin dua postingan setiap hari dong ya.. 😀

Duo Ali dan Arena Beyblade

Ketika musim permainan beyblade atau xx boom (kalo gak salah namanya itu :p), duo Aliku hanya melihat tetangga teman sebaya mereka saja, mereka tidak meminta belikan mainan tersebut kepada kami, setelah tau mereka hanya menonton anak-anak tetangga main maka kami berinisiatif untuk membelikan permainan tersebut untuk duo Ali.

Permainan ini agak sedikit membahayakan menurut saya, karena beyblade ini adalah seperti gasing yang akan di adu di suatu “arena” yang terbuat dari plastik. rata-rata teman-teman Husayn memiliki arena yang terbuat dari plastik tersebut. tetapi Husayn tidak memiliki arena tersebut dan tidak memintanya juga kepada kami maka kami tidak membelikannya. [Read more…]

[ klub oase ] finger puppet

Mari berkarya dan bermain!

Klub Oase akan mengadakan kegiatan untuk anak-anak. Kali ini, temanya adalah “Finger Puppet”. Dalam kegiatan ini, anak-anak  akan belajar membuat boneka jari (finger puppet). Mereka dapat memilih boneka sesuai pilihannya dari template yang tersedia dan membuatnya sendiri.  Setelah itu, mereka dapat belajar memainkan sandiwara di panggung boneka bersama teman-temannya.

Asyik kan? [Read more…]

Homeschooling Ali dan Papan Logico

Sejak husayn saya belikan papan logico untuk proses belajarnya, maka ikut heboh lah sang adik, Ali Haidar slalu ingin meniru gaya belajar abangnya, tetapi saya bingung bagaimana cara ali belajar dengan papan logiconya. esoknya saya curhat dengan mba lala gimana cara Ali belajar dengan papan tersebut. ternyataaa duta (yang seumuran dengan ali) juga sudah heboh dengan papan logico. kemudian mba lala menyarankan untuk membalik worksheetnya sehingga ali bisa didampingi untuk mengenal warna dan mencocokkan.

Esok harinya ketika abangnya bermain dan belajar dengan papan logico, maka mulailah si ali kecil ikut nimbrung, awalnya saya ragu apakah ali akan mengerti? karena usianya baru 2 tahun 5 bulan. ternyataaaaa ali kecilku mengerti dan bbrp kali aku dampingi dia mulai bisa untuk bermain sendiri, wow senangnya..

saya senang sekali ternyata melalui papan ini bisa merangsang motorik halus dan motorik kasarnya, ali bisa belajar mengenal warna, mencocokkan warna, berhitung, mencocokkan nama-nama binatang, waah pokonya buanyaak sekali yang ali dapat dr permainan ini.

berikut saya lampirkan video ali kecil yang sedang bersemangat belajar dengan papan logiconya…

*untuk diketahui Ali kecilku belum lancar bicara di usianya yang 2thn 5 bulan hehe..