[ field trip ] Museum Zoologi

Hari Rabu tgl 25 Mei kemarin kami iseng-iseng fieldtrip ke museum Zoologi, Bogor, Jawa-Barat. kami berangkat pukul 11.00 wib, Husayn mengusulkan untuk naik kereta api saja, karena sudah siang dan tidak ada yang mengantar kami ke stasiun akhirnya kami berempat memutuskan untuk jalan kaki ke stasiun melalui perkampungan penduduk. aku dan pak Faizal belum pernah jalan kaki menuju stasiun sebelumnya tetapi Husayn sudah pernah, jadilah Husayn sebagai penunjuk jalan kami. perjalanan sekitar 15 menit dan seru sekali, menyusuri pinggir kali yang airnya penuh sampah, jalan kecil dan jembatan dan akhirnya melalui jalan setapak menuju stasiun kereta api Manggarai.

Berangkat menuju Bogor

Berangkat menuju Bogor

Sesampainya di stasiun Bogor kami menuju museum Zoologi. Museum Zoologi berada di kompleks kebun raya bogor, kami menggunakan angkot nomer 02 dengan tarif Rp.2000 per orang. sesampainya disana Husayn membeli tiket masuknya. tiket masuknya sudah merupakan tiket masuk ke kebun raya bogor dan tarifnya adalah Rp.9.500 per orang tetapi anak-anak seusia Husayn belum dikenakan tarif. setelah masuk kami berjalan kaki menuju museum zoologi sambil melihat dan belajar sedikit tentang pohon-pohon tua yang telah tumbuh sejak ratusan tahun lalu. Husayn dan ali senang sekali, mereka berlarian sambil bertanya ini itu, lalu sampailah kami ke museum zoologi.

Di museum zoologi kami memulainya dengan belajar tentang binatang yang dilindungi oleh pemerintah karena menuju kepunahan, Husayn menyebutkan nama binatangnya satu-satu dan kaget ketika mngetahui bahwa gajah juga termasuk yang dilindungi karena populasinya sangat sedikit. lalu Husayn berfoto di depan badak besar terakhir yang hidup liar di Karimun, Badak tersebut sudah mati dan diawetkan untuk menjadi koleksi dan bahan ilmu pengetahuan di Museum Zoologi, lalu kami berlanjut melihat koleksi serangga, dan reptil dan tak lupa belajar tentang binatang vertebrata (bertulang belakang) dan invertebrata (tidak bertulang belakang) Husayn jadi tau bahwa sesungguhnya Ular memiliki banyaaaak sekali tulang belakang. setelah selesai dari museum zoologi kami menuju danau di kebun raya bogor dan bermain serta beristirahat disana.

Kebun Raya Bogor

Setelah puas belajar dan bermain di Kebun Raya Bogor lalu kami pulang menuju stasiun, karena Husayn dan Ali ingin naik delman maka kami naik delman menuju stasiun Bogor dengan tarif Rp.20.000 per delman, sepanjang jalan Ali dengan riang menyanyi lagu “Naik Delman” yang diikuti dengan nyanyian Husayn, aku dan papanya. jadilah kami tertawa karena senang sudah belajar menyenangkan.

sesampainya di stasiun kami membeli tiket kereta ekonomi AC menuju stasiun Manggarai, tarif untuk kereta jenis ini adalah Rp. 5.500 hanya untuk dewasa saja. di dalam kereta Ali kembali bernyanyi  dan bermain. Husayn juga belajar tentang hal-hal apa saja yang tidak boleh dilakukan di kereta. keadaan di kereta ekonomi AC sangat berbanding terbalik dengan kereta ekonomi yang sebelumnya kami naiki, kereta ini lebih nyaman dan teratur, jadi Husayn bisa belajar banyak dan melihat ke luar dengan leluasa.

Sampai di stasiun Manggarai kami kembali jalan kaki menuju rumah melewati jalan semula. walau lelah namun kami berempat sangat menikmati perjalanan kami kali ini, karena cuaca mendukung, juga keadaan yang tidak terlalu ramai karena hari kerja. Alhamdulillah belajar tidak harus terlihat melelahkan dan tidak harus mahal kan. dengan cara menyenangkan dan biaya murah kami mendapatkan pengalaman yang luar biasa, dalam sehari kami belajar skill, science, sosialisasi, dan yang terpenting dari semua itu adalah KEBERSAMAAN… ^_*

 

perjalanan pulang

perjalanan pulang

 

 

Speak Your Mind

*

CommentLuv badge