Homeschooling Husayn Belajar membatik

Homeschooling husayn belajar membatik

Husayn belajar membatik

Tanggal 22 desember 2010 Husayn bersama dengan teman-teman Homeschooler belajar tentang membuat batik di Rumah Batik Nusantara, kompleks DDN curug, Kalimalang, Jakarta.

Belajar membatik dimulai pukul 13.00, kami berangkat dari rumah mulai pukul 11.30 karena ingin mampir dulu ke rumah yudhis, tata dan duta di Cipinang untuk kemudian berangkat bersama ke rumah batik nusantara. sepanjang perjalanan husayn gembira sekali karena mengetahui akan belajar membatik.

Sesampainya di sana, Husayn langsung memilih gambar untuk di buat Pola, lalu bersiap dengan perlengkapan membatik (celemek, kain, canting dan malam). pertama duduk di depan kompor yang berungsi untuk memanaskan malam (lilin), husayn agak kikuk karena asap dan panasnya, namun beberapa saat kemudian Husayn mulai terbiasa dengan cantingnya dan melukis lincah di atas pola kain, tapii masih dibantu mama karena Husayn belum lancar memegang canting. selesai mencanting kemudian pinggiran kain diberikan parafin untuk menghasilkan frame jika diwarnai nanti.

Proses membuat batik berlanjut dengan mencelup kain ke garam warna, setelah ditiriskan lalu dicelupkan lagi ke dalam larutan warna yang diinginkan, kali ini Husayn memilih warna merah untuk batiknya. lalu kemudian sama-sama merebus kain batik tersebut untuk melunturkan malam (lilin) dan memunculkan motif batiknya. setelah selesai proses itu semua lalu Husayn dan teman-teman mencuci kain batiknya sampai bersih untuk kemudian di jemur.

Belajar membuat batik ini sungguh menyenangkan, sesampai di rumah kami membahas tentang berbagai macam kain batik, dan terutama lebih menghargai kain batik karena proses pembuatannya yang agak rumit. sampai ketemu di kegiatan bersama teman-teman lainnya yaa..

 

Speak Your Mind

*

CommentLuv badge