Homeschooling Husayn Tentang Membangun Bisnis

homeschooling indonesia

sewa scooter Ali Husayn

Banyak anggapan di masyarakat bahwa seorang yang memilih metode homeschooling untuk pendidikannya maka nantinya akan menjadi enterpreneur atau pengusaha, karena sebagai pengusaha tidak diperlukan pendidikan formal layaknya profesi yang membutuhkan pendidikan formal. Sebagai keluarga yang memilih jalan homeschooling untuk pendidikan anak-anak kami sebenarnya hal tersebut tidak seratus persen benar, karena walau berlabel homeschooler sebenarnya anak-anak masih bisa mengejar profesi formal jika mereka menginginkannya.

Namun walau anak-anak nantinya akan memilih profesi formal kami beranggapan bahwa belajar berbisnis juga mutlak diperlukan, sehingga anak-anak kami nantinya tidak terlalu bergantung kepada lembaga yang menaungi pekerjaannya. Maka kemarin kami membahas tentang hal ini kepada Husayn dan Ali. Kesimpulannya Husayn dan Ali akan belajar membangun bisnisnya.

di lingkungan rumah kami sedang hangat-hangatnya anak-anak bermain scooter, namun demikian tidak semua anak beruntung untuk bisa memiliki scooter tersebut karena harganya juga tidak murah, melihat keadaan ini akhirnya husayn memutuskan untuk membuka usaha sewa scooter. Modal untuk membeli scooter didapat dari celengan husayn yang tadinya dikumpulkan untuk patungan membeli sapi di saat Idul Adha mendatang, berhubung masih ada waktu bbrp bulan maka Husayn membongkar celengan tersebut dan mengejar target untuk mengumpulkan uangnya lagi melalui uang sewa scooter.

homeschooling indonesia

husayn menghitung hasil tabungan

 

Ternyata hasil tabungan Husayn cukup untuk membeli dua buah scooter, kami lalu membelinya bersama-sama. Husayn memilih sendiri scooternya dibantu Ali yang juga ikut mengantar abangnya. Akhirnya scooter berwarna biru dan hijau menjadi pilihan Husayn. Sesampai di rumah kami lalu mempersiapkan strategi untuk bisnis Husayn tersebut.

Untuk harga sewa scooter Rp.3000/jam setiap penyewa diberikan kupon yang bisa ditukarkan dengan free 1 jam sewa jika sudah memiliki 10 kupon, Husayn memiliki target 10 jam penyewa perhari jika ingin bisnisnya BEP dalam 1 bulan. berhubung Husayn diajarkan tentang berbisnis bukan hanya jualan, maka Husayn harus mencatat data-data yang didapat dalam perjalanan bisnisnya.

Alhamdulillah usaha sewa scooter Husayn banyak diminati anak-anak lingkungan sekitar, dalam usahanya ini Husayn dibantu Bude Nur untuk mengecek dan menuliskan data-data (karena Husayn belum lancar menulis maka perlu pendampingan). Sebenarnya dari sisi belajar, Husayn tidak hanya belajar tentang bisnis, tetapi banyak hal didapatnya dari kegiatan ini, Husayn sekarang mulai mengerti konsep perkalian, menulis, mendata, mengenal waktu dan lainnya. Semoga kreatifitasnya akan lebih terasah dan Husayn bisa memikirkan peluang-peluang lain dalam kehidupannya.. Sekaraang kami mau berangkat ke Club Renang dulu yaaa… Husayn bilang mau giat berlatih agar bisa bertanding dan menjadi kebanggaan negaranya kelak :) yuk yuk yuk kapan-kapan kita playdate..

Salam Cinta,
@MellaKamal
@IsalKamal
@AliHusaynKamal
@AliHaidarKamal

Comments

  1. Assalamualaikum Wr. Wb,

    Kunjungan balasan dari saya mas Isal, dan salam kenal mba Mella :)

    Walau saya alhamdulillah belum di karuniain anak tapi artikel ini bikin saya mikir2 juga untuk mempertimbangkan homeschooling sebagai jalur pendidikan anak saya nanti.

    Cuman gimana ya.. masalah legalitas apakah homeschooling jg ada akreditasi juga di diknas? jd tetap bisa mengikuti UAN dsb?

Speak Your Mind

*

CommentLuv badge