Husayn Bukan Pembohong

Sudah lama aku tidak posting di web yang “katanya” portofolio anak-anak. hiks maaf bukannya ngga mau berbagi, hanya bener-bener “sibuk” ini itu jadi web ini sedikit terbengkalai, semoga bisa istiqomah mengisi proses belajar anak-anak di rumah maya kami tercinta ini. tadi sore ada kejadian yang tiba-tiba menggerakkanku untuk menengok dan posting lagi rumah maya ini.

Sudah beberapa bulan ini Husayn mengikuti klub renang di kolam renang Bojana Tirta, Bea Cukai, Jakarta Timur. alhamdulillah Husayn sudah menguasai 2 gaya, yaitu gaya dada dan gaya bebas, minggu depan akan diadakan lomba renang antar klub, dan atas saran pelatihnya Husayn diikutkan untuk dua gaya tadi yaitu gaya bebas dan gaya dada. lomba ini memiliki beberapa katogori. salahsatunya berdasarkan kategori kelas di sekolah. untuk itu ketika ada beberapa ibu yang bertanya kepada aku, Husayn kelas berapa ? maka dengan santai kujawab, mungkin sekitar kelas 1 SD karena usia Husayn saat ini 6 tahun.

husayn berenang

tadi sore selesai Husayn latihan, aku menyuruh Husayn untuk daftar ke kakak pelatihnya, dengan santainya Husayn berlari ke ruang pelatih, lalu kulihat Husayn mengobrol dengan kakak pelatih dan beberapa ibu temannya Husayn di ruangan itu, tanpa kuduga Husayn kembali ke tempat aku duduk menunggunya dalam keadaan menangis sedih, sambil berlari ke arahku suara tangisannya keras terdengar, aku kaget takut Husayn terjatuh, namun kulihat tidak ada luka di tubuhnya, kupeluk ia lalu kutanya ada kejadian apa ?.

Husayn masih menangis ketika kupeluk, aku fikir mungkin Husayn kecewa karena tidak boleh ikut lomba, kutunggu hingga tangisannya reda dan Husayn mulai bercerita, bahwa ia dituduh berbohong oleh ibu temannya karena ketika ditanya Husayn kelas berapa ?, Husayn menjawab bahwa saat ini ia kelas dua, namun para ibu-ibu bilang kepada kakak pelatihnya bahwa Husayn berbohong karena sebenarnya Husayn baru kelas satu, dan ibu-ibu itu tau informasi itu dari aku. Husayn sangat terpukul dibilang berbohong, karena sangat pantang untuk ia berbohong, kami sangat keras untuk urusan pelajaran tentang kejujuran terhadap anak-anak maka saat Husayn dibilang berbohong itu merupakan pukulan yang sangat berarti bagi Husayn karena ia sebisa mungkin menghindari perbuatan tidak jujur, sekecil apapun itu.

sambil tersenyum dihati aku menghela nafas dan mulai menjelaskan kepada Husayn tentang kesalahpahaman itu, bukan tanpa alasan Husayn bilang bahwa dirinya saat ini ada di kelas dua, karena beberapa saat lalu kami pernah berdiskusi tentang hal ini dan juga pernah aku posting disini ceritanya. saat itu Husayn ditanya sudah bisa apa ? lalu aku melakukan beberapa “tes” terhadapnya dan dengan lancar Husayn bisa menjawab pertanyaan di buku pelajaran kelas satu, dan di akhir diskusi kami memutuskan bahwa Husayn sudah di kelas dua saat itu.

Lalu sambil kupeluk Husayn aku mengajaknya untuk mengklarifikasi bahwa ia tidak berbohong dan ini hanya kesalah pahaman saja, awalnya husayn nggak mau tetapi akhirnya dengan berat hati ia melangkah mengikutiku menuju ruang pelatih, setelah bertemu dengan ibu temannya Husayn kemudian aku menjelaskan duduk perkaranya kenapa Husayn menangis, dan juga kesalahpahaman tentang menyebutkan tingkatan kelas, para ibu itu langsung meminta maaf dan menyesal sekali, mereka tidak menyangka bahwa pembahasan tadi sangat membuat Husayn kecewa, kami juga mengobrol dengan pelatih Husayn dan Husayn tetap mau ikutan lomba tanggal 22 desember nanti.

Pengalaman tadi sangat berkesan untuk Husayn, malamnya kami berdiskusi tentang proses homeschooling di keluarga kami, lalu cara menjawab apabila ada yang bertanya “Husayn kelas berapa sekarang ?”, alhamdulillah itu bisa menjadi pelajaran alami yang harus dilalui oleh Husayn, dan hikmah sangat berharganya adalah aku mengetahui bahwa berbohong itu merupakan aib besar bagi Husayn dan ia sebisa mungkin tak mau melakukannya sekecil apapun itu juga ternyata sekarang Husayn semakin yakin dan bangga untuk menjalani metode Homeschooling untuk pendidikannya.. Alhamdulillah :)

salam cinta

Mella *yang lagi senang karena Husayn makin cinta Homeschooling ^_^

Comments

  1. Salam, Husayn.
    Senang baca cerita tentangmu. Tentang kejujuran yang kau junjung tinggi sejak usia dini.
    Kamu keren. Happy homeschooling, yaaaa…

Speak Your Mind

*

CommentLuv badge