Kejutan di Hari Pendidikan Nasional 2016

Memulai menulis tentang pengalaman seharian di hari pendidikan nasional ini selalu membuatku terharu, banyak kejadian yang tidak aku sangka akan terjadi. tahun ini klub oase bersama dengan rumah inspirasi bergabung di gerakan pesta pendidikan yang digagas oleh mbak Najeela Shihab, Pesta Pendidikan adalah gerakan yang mengusung tema “Semua Murid, Semua Guru”, sejuk rasanya ketika aku membaca konsep gerakan keren ini, karena nilai-nilai yang ingin dibangun didalamnya sangat dekat dengan apa yang sudah kami keluarga homeschooler lakukan, gerakan pesta pendidikan ini sangat di dukung oleh pihak kementrian, di gerakan pesta pendidikan ini kami bertemu dengan banyak teman seperjuangan di dunia pendidikan dengan visi dan misi yang kurang lebih satu frekuensi.

Mengawali hari pendidikan nasional 2 mei 2016 ini dengan berangkat ke Kementrian DIKBUD untuk menemani Zaky dan Tata yang akan mengikuti pesta mural, sesampainya di sana tanpa diduga ternyata Husayn bisa ikut menjadi peserta juga, ini pengalaman pertama untuk Zaky, Husayn dan Tata menggambar di bidang besar, dan kebetulan mereka menjadi peserta termuda dan tidak bersekolah formal diantara para peserta dengan usia SMP dan SMA. seakan ALLAH SWT ingin memberikan kami para homeschooler terlihat oleh mas menteri yang baik hati, bukan kebetulan jika ternyata posisi anak-anak menggambar berada tepat di depan posisi podium mas menteri. waktu berjalan dengan lancar dan aku sungguh terharu dengan hasil mural anak-anak, mural yang ceria khas anak-anak namun dapat menyampaikan pesan untuk orang yang melihatnya.

hardiknas

anies baswedan

 

Didalam rangkaian pesta pendidikan 2016 ini kami Klub Oase dan Rumah Inspirasi berkesempatan membuat satu acara yang dinamakan “Bincang Seru Homeschooling 2016”, acara kami nantinya akan disupport penuh oleh pesta pendidikan, kami memang berencana ingin membuat acara ini kembali setelah di tahun 2014 kami menyelenggarakannya, hanya kami tidak menyangka kalau akhirnya acara ini bisa tergabung didalam rangkaian pesta pendidikan. Untuk lokasi acara ini rencananya kami akan dipinjami ruangan di salahsatu gedung kemdikbud, mbak Najeela Shihab menjadi perantara antara kami dan KEMDIKBUD untuk mendapatkan tempat yang pas, kebetulan saat acara pesta mural berlangsung aku dan mas aar di perkenalkan kepada mbak Hilmi dari pihak DIKBUD yang sudah mengizinkan kami untuk memakai tempat disana, dan kami pun dipersilahkan untuk mengecek lokasi yang telah disediakan untuk acara tanggal 21 mei nanti.

Setelah berkenalan dengan pihak KEMDIKBUD aku dan mas aar mulai berjalan lorong demi lorong, sambil kami mengobrol tentang apa itu homeschooling kepada ibu bapak yang mengantar kami menuju lokasi, entah mengapa rasa hangat menjalar di leherku kemudian turun ke hati, aku tidak menyangka sebagai “homeschooling pastel” yang selalu dituding sebagai keluarga yang susah diatur oleh pihak-pihak tertentu (pastinya bukan pihak DIKBUD – sensor) padahal kami ini keluarga yang mau diatur sebenarnya loh jika memang yang mengatur benar-benar pihak yang seharusnya mengatur ( hihihi maap lebay ) dan dianggap tidak akan dilirik oleh pihak KEMDIKBUD kemudian bisa berada sedekat ini dengan pihak kementrian, dan mereka sangat terbuka, merangkul kami bahkan ternyata setelah mengobrol dengan mbak Hilmi, beliau akan mensupport penuh untuk acara kami, dan  akan menjadi bagian dari rangkaian acara HARDIKNAS, boleh memakai logo HARDIKNAS dan lain sebagainya. rasanya seperti mendapat durian runtuh yang sudah dikupas ( karena aku lebih suka durian kupas daripada kulit durian. hehehe apaseh, abaikan). yang serunya lagi kami boleh memakai Graha Utama di Gedung A yang lokasinya satu lantai dengan kantor pak Menteri. huhuhu terharuuuu…

Setelah urusan mengobrol dan Administrasi selesai, disaat aku masih merasakan air  hangat ingin jatuh dari mataku, aku mendapat kabar bahwa di malam itu, di acara siaran langsung Pesta Pendidikan yang akan disiarkan oleh Metro TV yang mengambil slot acara Mata Najwa, Kaysan salahsatu anak yang sering berkegiatan bersama di Klub Oase akan menjadi salahsatu bintang tamu sebagai siswa berprestasi. lagi-lagi leherku tercekat, malam itu salahsatu anak homeschooling akan diwawancara oleh pak menteri disiarkan oleh TV nasional, iya diwawancara langsung oleh pak Menteri karena ternyata malam itu Pak Menteri yang menjadi host. huhuhu makin lebay, rasanya gerilya perjuangan itu mulai ditunjukkan ALLAH SWT hasilnya. Malam itu aku, lala dan wiwiet akhirnya memutuskan untuk bersama-sama mensupport Kaysan dan menonton langsung acaranya di gedung Arsip Nasional. sepanjang acara rasanya benar-benar mataku menghangat. aku tau ini bukan akhir dari sebuah perjalanan, justru ini adalah awal dari sebuah perjuangan. kalau kata sahabatku gus Aji “anak homeschool nggak perlu menjadi apa-apa, dia hanya perlu menjadi dirinya sendiri”, teman-teman ada yang mau merasakan energi keluarga homeschooling dan ingin tau banyak sebenarnya apa sih homeschooling itu ? yuk kita “kembali belajar” di tanggal 21 mei 2016 nanti, datang ke acara Bincang Seru Homeschooling 2016. tunggu informasi selanjutnya dari kami yaa….

13087783_10207520534349126_7266909833997311513_n

13133168_10153558553401778_5001801203296457223_n

 

 

Comments

  1. Keren….

  2. Rissa Salam says:

    assalamualaikum mba mela..

    boleh minta pinbb or wa nya ? saya berencana untuk meng homeschooling kan anak saya. kalo tidak keberatan saya ingin berdiskusi dgn mba mella

    trimakasih sebelumnya

    wassalamualaikum…

Speak Your Mind

*

CommentLuv badge