Nyontek Vs Diskusi

husayn homeschooler

keluarga homeschooler

hari ini saya mendengar obrolan menarik antara Husayn dan saudara yang seumuran dengannya. mereka sedang membicarakan tentang ulangan di sekolah, isi obrolannya begini :

Husayn : kamu gak sekolah hari ini

saudaranya Husayn : aku libur, karena ada ulangan untuk anak kelas 6

Husayn : ulangan itu apa?

saudaranya Husayn : ulangan itu, menjawab soal-soal yang sudah kita pelajari sebelumnya. tapi kita gak boleh nyontek pas ulangan.

Husayn : nyontek itu apa?

saudaranya Husayn : nyontek itu melihat jawaban teman, atau bertanya kepada teman, jawaban ulangannya apa.

Husayn : itu bukan nyontek namanya, tapi diskusi, nanya apa yang kita gak tau, itu boleh kak.

Saudaranya Husayn : gak boleh husayn, kan itu lagi ulangan, sebelumnya kan sudah dipelajari jadi harus inget, lagian nyontek kan dosa.

Husayn : kakak pernah nyontek ga?

saudaranya husayn : pernah

Husayn : katanya dosa, untung husayn ga sekolah jadi husayn boleh nanya kalo jawabannya lupa. lagiankan malu bertanya sesat di jalan…

Saya yang lagi sibuk masak langsung senyum-senyum sendiri, ternyata husayn tidak begitu mengerti arti mencontek, yang dia tau bertanya adalah suatu hal yang wajar, maka husayn biasanya tidak malu kalau harus bertanya kepada siapapun, termasuk orang yang lebih dewasa.

Kami selalu bilang kepada husayn kalau bertanya adalah “wajib”, jika tidak bertanya maka kamu akan tersesat, kalau husayn tidak tau maka husayn sangat boleh bertanya, jangan takut salah dalam proses belajar, jika salah maka husayn harus bertanya tentang jawabannya.

Dalam proses belajarnya Husayn, kami tidak pernah menuntut hasilnya, Husayn belajar alami, apa yang dia ingin tau, kami selalu berusaha memaklumi kalau Husayn melupakan apa yang pernah dipelajarinya, biasanya dengan berdiskusi sedikit maka Husayn akan ingat kembali tentang sesuatu yang ia lupakan tersebut. jadi tidak ada istilah contek mencontek dalam proses belajarnya Husayn

Biarlah nanti kalau saatnya Husayn ingin ujian, dia sudah memahami perbedaan arti mencontek dan bertanya, kami mensyukuri Husayn tidak mengerti istilah mencontek dalam proses belajarnya karena kami hanya fokus pada proses belajarnya, kami yakin hasil akan mengikuti kemudian, jika prosesnya baik inshaallah hasilnya baik.

*jadi ingat di masa Sekolah dulu “jago” mencontek karena ingin nilai yang bagus.. hmm buka kartu.. maluuuuu

Comments

  1. hebat nih bang Husayn!

  2. xixixixixixixi….. Husayn!! Hebat deh si abang :)

  3. Pinter banget Husayn! Emang betul, kalau nggak tahu, ya nanya dong ya! 😀

  4. Husayn kereeeeennn…yuk kita diskusi yuk Husayn ^_*

  5. memang asyik kalo ga you know what ;D

    hayuk Abang Husayn, mari kita diskusiiii

  6. hehehe, aku ikutan senyum2 nih bacanya :)

    kak Rahma msh suka malu2 kalo nanya….besok kasih tau ya Husayn ke kak rahma.. :)

Speak Your Mind

*

CommentLuv badge