Seminar Internet untuk Pendidikan Anak

Bagaimana memanfaatkan teknologi komputer/Internet untuk pendidikan anak? Bagaimana strategi memanfaatkan komputer/Internet untuk mendapatkan pendidikan berkualitas? Bagaimana memanfaatkan resource materi-materi internasional yang ada di Internet? Bagaimana perkembangan dunia virtual dan kegiatan belajar jarak jauh (distance learning) berbasis Internet?

Itulah diantara materi yang akan dibahas dalam Seminar “Memanfaatkan Komputer/Internet untuk Pendidikan Berkelas Dunia” yang diselenggarakan oleh Klub Oase.
**

Tema Seminar:
“Memanfaatkan Komputer/Internet untuk Pendidikan Berkelas Dunia”

Waktu dan Tempat:
Hari/tanggal: Sabtu, 9 April 2011
Tempat : Toko Buku Leksika, Jl. Lenteng Agung No. 101. Jakarta Selatan
Pukul : 09.00 – 13.00

Pembicara:
Lala Sumardiono (Rumah Inspirasi, aktivis SecondLife for Education Indonesia)
Mark Sivy (Konsultan Virtual Learning, North Carolina, US)
Ines Puspita (Guru pada Deutsche International Schule, aktivis pendidikan)

Materi:
a. Ragam peluang pembelajaran melalui Internet (Lala Sumardiono)
- mengenali peluang dan potensi pembelajaran menggunakan internet
- model-model pembelajaran menggunakan internet
- strategi dan persiapan belajar melalui Internet

b. What is a Virtual World and How Can It Be Used for Education? (Mark Sivy)
Pengantar dan pembahasan peluang dunia virtual untuk pendidikan berbasis rumah.
- Virtual Worlds
- Virtual Environments
- Considerations
- Learner Benefits
- Parent/Teacher Benefits
- Organizational Benefits

c. Pendidikan internasional dari rumah (Ines Puspita)
- pendidikan berbasis internet dan pembelajaran virtual
- penggunaan platform 3D SecondLife sebagai infrastruktur belajar
- contoh-contoh pembelajaran di dunia virtual
- pemanfaatan internet untuk mendapatkan pendidikan berkualitas internasional

Biaya seminar:
Rp. 125.000,- (seratus dua puluh lima ribu rupiah)/orang. Setiap peserta akan mendapat CD berisi materi-materi belajar (link, software) yang dibahaskan di dalam seminar.

Pembayaran melalui BCA a.n Faizal Kamal 007-257-727-1

Informasi & pendaftaran: Mella Fitriansyah
Tel. 0818-933-637 / 0812-979-340

Konfirmasi pembayaran dilakukan kepada Mella Fitriansyah (melalui SMS atau email: mella_fitriansyah@yahoo.com). Informasi di dalam konfirmasi: cara transaksi (transfer/tunai) tanggal transaksi, jam transaksi, nama pemilik rekening, nilai transaksi, nama peserta.

(Contoh konfirmasi: transfer ATM BCA, 1 Maret, 09.09, dari Wahyu Sulistio, Rp 250.001, utk Wahyu Sulistio dan Rini Sulistio.)

Lain-lain:
TEMPAT TERBATAS. Peserta akan dilayani dengan prinsip first-in first-served; yang melakukan transfer pembayaran dan konfirmasi yang akan dicatat sebagai peserta sesuai dengan urutan waktu.

**

Tentang Pembicara:

Lala Sumardiono (Avatar: Lala Rembrandt) adalah praktisi homeschooling, co-founder Rumah Inspirasi dan Klub Oase. Dalam praktek homeschooling yang dijalani 3 anaknya, Lala banyak menggunakan sarana komputer dan Internet untuk memudahkan penyelenggaraan proses homeschoolingnya. Selain menggunakan Internet untuk pendidikan anak, Lala banyak melakukan pembelajaran mandiri dan bekerja di Internet. Selain bekerja sebagai freelance designer/web designer, Lala (Avatar: Lala Rembrandt) aktif sebagai pegiat di SecondLife for Education Indonesia (SLED Indonesia) yang mempromosikan kegiatan belajar menggunakan platform 3D. Kegiatan online Lala bisa disimak di: Rumah Inspirasi, My Journey in SecondLife, dan Lala Rembrandt.

Mark Sivy (Avatar: Aedann Slade) adalah konsultan virtual learning yang tinggal di North Carolina, US. Mark banyak mengerjakan proyek-proyek dan membantu Perguruan Tinggi yang ingin menggunakan media virtual dalam kegiatannya. Profil selengkapnya Mark Sivy bisa dilihat di http://www.pixellighthouse.com/partners.html

Ines Puspita (Avatar: Ines Ogura) adalah seorang pengajar di Deutsche Internationale Schule-Jakarta (German International School-Jakarta) dan aktivis pendidikan yang sangat senang berbagi informasi mengenai pendidikan-pendidikan berkualitas internasional. Selain itu, Ines Puspita aktif menjadi pegiat kegiatan belajar di komunitas virtual Second Life, bekerjasama dengan berbagai lembaga internasional. Ines adalah salah satu koordinator program “Ask The Expert”, kegiatan belajar untuk anak-anak di berbagai penjuru dunia bersama para ahli di berbagai universitas. Profil dan kegiatan Ines Puspita bisa dilihat di: http://inesogura.weebly.com/

sumber : rumah inspirasi

Speak Your Mind

*

CommentLuv badge