Star Party Bersama Himpunan Astronomi Amatir Jakarta

Hari sabtu lalu , tanggal 2 dan 3 maret 2013 kami mengikuti kegiatan seru bersama Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ). di gymnasium IPB, Dramaga, Bogor. semalaman kami mengamati langit menggunakan teleskop milik planetarium, lembaga yang menaungi HAAJ.  acara star party kali ini dibuka untuk umum, yang ingin mengetahui tentang ilmu astronomi. sebelumnya kami sudah bergabung di diskusi yang diadakan HAAJ setiap sabtu, dua minggu sekali. Husayn sangat ingin menjadi anggota HAAJ karena ilmu terbeut sangat asyik untuk diperdalam.

Acara Star Party dimulai pukul 22.00 wib, kami berangkat bersama wiwiet sekeluarga, awalnya kami janjian bareng mbak baby, dan mbak ade sekeluarga tetapi karena aku harus menunggu pak faizal yang masih meeting akhirnya jadilah kami janjian langsung di IPB bogor, lokasi acara Star Party. kami berencana berangkat pukul 17.oo wib, tapi apa daya karena harus meeting akhirnya kami berangkat setelah melakukan ibadah shalat magrib dan sampai di bogor pukul 22.00 wib karena sebelumnya kami makan malam bersama.

Sesampainya disana husayn langsung melakukan registrasi, untuk acara star party kali ini pesertanya mencapai angka 300an orang, kebanyakan diikuti oleh para pelajar SMA dan mahasiswa, tetapi ada juga beberapa keluarga yang ikut bersama anak-anak, karena kebetulan kakak-kakak pengurus HAAJ juga mengadakan astrokids untuk diikuti para anak-anak.

malam itu langit terlihat tertutup awan tebal, kami mulai membangun tenda, kami memang sengaja membawa tenda untuk digunakan jika-anak-anak mengantuk. malam itu ada 5 keluarga homeschooler yang ikutan star party, yaitu keluarga kami, keluarga wiwiet, keluarga ade, keluarga raken dan keluarga baby. dan kami semua membawa tenda kecuali keluarga baby karena mereka akan pulang duluan disebabkan keesokan harinya mereka memiliki acara keluarga yang juga penting.

Setelah melakukan registrasi, acara dimulai. husayn mulai mengikuti kegiatan astrokids, mereka membuat mading bertema tata surya, aku yang tadinya khawatir husayn akan mengantuk malah sebaliknya, aku dahulu yang merasa amat mengantuk, jadilah aku tidur duluan di dalam tenda menemani ali yang sudah duluan tidur, sedangkan husayn dengan antusias mengikuti semua kegiatan di pagi buta itu, husayn bersama atala ditemani bu wiwiet (thanks wiet :*) mengikuti acara pengamatan langit, husayn bolak balik ke tenda untuk lapor ini itu, mulai dari memberitahuku tentang ia mengamati langit dibantu aplikasi skymap di iphone, lalu laporan bahwa ia lapar ingin membeli pop mie, sampai dengan antusias membangunkanku untuk melihat saturnus dan kawah bulan yang akhirmya terlihat menggunakan teleskop. sebenarnya aku ingin sekali bangun tapi apa daya, mata ini tak bisa diajak kompromi.

Waktu subuh telah masuk ketika aku terbangun dari tidur, aku lihat husayn sudah tertidur pulas di luar tenda bersama teman-temannya, dengan terburu-buru wiwiet memberitahu bahwa aku masih bisa melihat saturnus dan kawah bulan, wow dag dig dug aku mendekati teleskop dan subhanallah akhirnya aku melihat dengan mata kepala sendiri si planet bercincin yang biasanya kulihat di film dan buku, indah sekali. selesai pengamatan kami berbincang hingga pagi dan juga ikut mengamati matahari melalui teleskop berfilter khusus untuk mengamati matahari.

Alhamdulillaah malam itu sungguh luar biasa, banyak sekali ilmu yang kami dapat, semua pengurus HAAJ amat sangat ramah dan antusias membimbing husayn dan kami para ibu-ibu cerewet. aku bangga melihat anak-anak muda itu berkegiatan positif sesuai passionnya. inshaallaah kami akan mengkuti star party berikutnya ketika kami sudah resmi menjadi anggota HAAJ, yaitu dengan syarat mengikuti diskusi rutin dwi mingguan minimal 6 kali, dan mengikuti satu kali star party.. yayyy sampai bertemu di star party berikutnya yaaa. :)

 

 

Speak Your Mind

*

CommentLuv badge