Tulisan Pertama Ali

Cerita-cerita yang kutulis selama ini sepertinya kebanyakan cerita tentang Husayn, mungkin itu karena husayn sudah mulai banyak berkegiatan yang agak “serius” hehe sedangkan ali masih lebih banyak ikut-ikutan dan belum berkegiatan sendiri, ali selalu mengikuti kegiatan-kegiatan abangnya, setiap aku tanya, ali sepertinya belum punya keinginan untuk memilih suatu kegiatan yang menurut saya serius. jadilah isi blog ini kebanyakan tentang si abang Husayn, tapi kali ini aku akan bercerita tentang si kecil ali yang mulai terasa lebih “dewasa” setelah usianya menginjak 5 tahun (waaaah aku tak punya balita lagii )

Sudah menjadi kesepakatan tak tertulis bagiku dan suami untuk tidak mengajarkan anak-anak menulis dan membaca dibawah usia 7 tahun, jadi selama ini kami tidak pernah memberitahu secara khusus kepada ali tentang alphabet dan kosa kata, tetapi selama ini ali selalu “belajar” sendiri bersama abangnya untuk mengenal huruf. di rumah kami anak-anak jarang sekali menoton TV, kebetulan monitor TV di rumah kami disambungkan dengan perangkat berbasis android sehingga sering berubah fungsi menjadi monitor untuk browsing internet, salahsatu kegiatan favorite anak-anak adalah berselancar di youtube, mencari tutorial games, film, lagu atau tayangan apapun juga yang ingin diketahui oleh duo ali. maka itu kami menyebut yotube sebagai salahsatu “guru”nya duo ali.

Didalam proses itulah ali ternyata juga belajar alphabet dan kosa kata, ali selalu meminta abangnya untuk memberitahu huruf-huruf yang diperlukan untuk merangkai kata dengan keyboard di kolom “search” di youtube. misalnya ali ingin menonton “tutorial minecraft” maka ali akan meminta abangnya untuk menyebutkan huruf perhuruf untuk ali ketikkan di kolom “search”, awalnya selalu abangnya yang menuliskannya tetapi lama kelamaan si abang mulai terganggu karena setiap ali mau mencari sesuatu maka abangnya yg dicari, karena hal itu maka abangnya kemudian mengajarkan ali untuk mengenal huruf sehingga abangnya hanya akan menyebutkan huruf per huruf dan ali yang mengetikkannya.

Awalnya aku dan suami tidak menganggap hal itu istimewa tetapi ternyata dengan begitu ali mulai mengenal huruf secara alami, tanpa ali merasa disuapi, ali belajar mengenal huruf karena ali butuh, dan hasilnya subhanallaah ali mulai tau huruf dan kata, dan yang membuatku kaget sekarang ali mulai menulis, kemarin ali menulis huruf untuk pertama kalinya, walau tulisannya masih terbalik-balik tetapi aku senang sekali, “better late than early” mulai “bekerja”, dan keinginan kami untuk membentuk anak-anak sebagai pembelajar mandiri mulai terlihat di diri ali.

tulisan pertama ali

tulisan pertama ali

Setiap keluarga memang memiliki visi dan misi masing-masing, juga memiliki gaya yang paling cocok untuk keluarganya masing-masing. dan aku sangat nyaman dengan gaya belajar keluarga kami. jadi inget kata-kata dari Homeschooling Idea’s “education is a journey not a race” maka dikala anak usia 5 tahun lainnya sudah bisa lancar menulis dan membaca justru saat itu ali kecil kami baru memulai perjalanannya dengan rasa bahagia dan mandiri. dan kami juga sangat menikmati perjalanan ini. :)

Comments

  1. hehe kalau aku malah ngotot putriku untuk cepat bisa nulis…..
    Cara Riset di Internet recently posted..Info Terbaru Seputar Twitter

Speak Your Mind

*

CommentLuv badge